Rabu, 19 Juni 2013

MAKALAH TENTANG TEKNIK INFORMATIKA


  


Sehubungan di awal Perkuliahan pada Program Studi Teknik Informatika diberikan Tugas untuk menjelaskan tentang apa itu Teknik Informatika maka saya membuat Karya Tulis sebagai Makalah Tentang Teknik Informatika. Berikut Susunannya :





DI
S
U
S
U
N
O L E H

T. HASRIL
NPM.10110203
PRODI TEKNIK INFORMATIKA
STMIK BINA BANGSA
2013






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Sejarah Komputer dan Perkembangan Teknik Informatika

Komputer adalah sebuah fenomena yang luar biasa dalam sejarah manusia. Komputer jugalah yang menyebabkan adanya teknik informatika. Sejarah komputer bisa kita runut kembali dari 3000 SM. Pada saat itu alat menghitung sudah ada di Cina, yaitu sebuah sempoa yang tebuat dari kayu dan butiran-butiran. Kemudian,  pada tahun 1623 seorang ilmuwan Jerman bernama Wilhelm Schikard menciptakan mesin hitung yang bisa, menambah, membagi, mengurang, dan mengkali. Tetapi mesin penghitung otomatis pertama dibuat oleh Braise Pascal dari Perancis pada tahun 1642. Pada awal abad 19 Joseph Marie Jacquard menumukan punch card pertama yang pada saat itu digunakan pada industri tekstil. Tahun 1842 Ada Lovelace membuat sebuah set instruksi yang menjadi pelopor bahasa pemprograman modern, dengan penemuan ini, Ada dinobatkan menjadi programmer komputer pertama.

Pada awal abad 20 Herman Hollerith dari Amerika menggunakan ide yang hampir sama dengan Jacquard, yaitu sebuah mesin yang membuat dan membaca puch card. Alat ini digunakan pada sensus Amerika dan membuat perhitungan sensus tersebut menjadi empat kali lebih cepat. Hollerith adalah salah satu pendiri International Business Machine (IBM). Pada tahun 1930-an, Howard Aiken mengembangkan Mark I (sebuah komputer penghitung) yang dibuat oleh IBM. Mark I menggunakan relays dan komponen elektromagnetis untuk menggantikan komponen mekanis. Howard juga memperkenalkan komputer pada universitas dengan membuka program ilmu komputer pertama di Harvard University. Sejarah komputer berikutnya ada pada tifa komputer besar yang akan mempelopori komputer-komputer selanjutnya. Tiga komputer itu disebut EDVAC, ENIAC, dan UNIVAC. EDVAC adalah singkatan dari Electronic Discrete Variable Automatic Computer yang dibuat oleh John von Neuman. Komputer ini adalah komputer pertama yang menyimpan programnya di dalam memori komputer tersebut ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) dibuat oleh John Mauchly dan Presper Eckert Jr, di University of Philadelphia pada tahun 1945. Komputer ini dinobatkan menjadi digital komputer pertama, tetapi komputer ini mempunyai masalah yang sangay besar, lebar dari komputer ini adalah 167 m, dan beratnya lebih dari 27.000 kg. Sedangkan UNIVAC ( Universal Automatic Computer) yang juga dibuat oleh Eckert dan Mauchly, tetapi kali ini di bawah perusahaan Rand Corporation. Keunggulan dari komputer ini adalah bisa diaplikasikan untuk berbagai macam jenis industri.

Pada tahun 1948 di Bell Telephone Laboratories, Walter Houser Brattain, John Barder dan Wiliam Bradford Shockley mengembangkan transistor yaitu sebuah alat yang bisa berfungsi sebagai tombol listrik. Setelah ditemukannya transistor tersebut, maka timbullah intergrated circuits, yaitu sebuah chip silicon yang berisi transistor-transistor dan komponen-komponen elektris lainnya yang ditemukan oleh Jack Kilby dan Robert Noyce. Integrated circuits semakin lama semakin mengecil, dan akhirnya menjadi microprocessor yang bisa menampung jutaan transistor. Dengan adanya penemuan ini, maka komputer akhirnya bisa menjadi lebih kecil dan lebih murah. Komputer kecil ini disebut juga dengan istilah personal computer (PC). PC pertama adalah Altair 8800 yang diproduksi oleh Micro Instrumentaiton Telemetry Systems. Altair 8800 menggunakan prosesor 8080, power supply, panel muka dengan lampu yang banyak memiliki memory 256 bytes dan paket ini dipasarkan $395. Komputer pertama ini memberikan ide dengan perusahaan lain untuk membuat aplikasinya, seperti dibuatnya sistem operasi CP/M (Control Profram for Micro prosesor) dan versi pertama program bahasa Microsoft Basic (Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code).

Pada saat ini, perkembangan sistem operasi canggih seperti Windows, Mac, OS, dan Linux memungkinkan pengguna komputer untuk menggunakan program dan memanipulasi data dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, semakin lama komputer akan semakin mengalahkan manusia, ini bisa dibuktikan dengan kalahnya Garry Kasparov terhadap Deep Blue (sebuah supercomputer yang dapat memperhitungkan lebih dari 100 juta posisi catur per detik) dalam suatu pertandingan pada tahun 1997. Akhirnya Deep Blue dijadikan prototipe dari komputer masa depan yang harus menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks. Komputer belum bisa dianggap melebihi manusia karena komputer tersebut adalah hasil dari suatu program yang dibuat oleh manusia untuk menyelesaikan suatu masalah, tetapi bisa saja suatu saat komputer mempunyai kemampuan untuk belajar dan akhirnya menyelesaikan masalah dengan sendirinya. Itulah sedikit gambaran dari masa depan kita.

B.    Daftar Pertanyaan
Penulisan karya tulis ini awalnya bertujuan sebagai rangkuman tentang alasan Apa dan Mengapa memilih program Studi Teknik Informatika sehigga saya merangkum beberapa pertanyaan beserta jawabannya dengan menambahkan sejarah dan latar belakang tentang Komputer dan Teknik Informatika yang diharapkan dapat bermanfaat bagi saya pribadi khususnya dan bagi semua rekan-rekan yang menekuni bidang ini pada umumnya.

Beberapa pertanyaan itu diantaranya adalah :
1.     Apa yang dimaksud dengan informatika?
2.     Mengapa informatika dikatakan bisa mempermudahkan kehidupan manusia?
3.     Ilmu apa yang menjadi inti dari informatika?
4.     Jadi inti dari Informatika itu apa?
5.     Apa sih tanggung jawab seorang ahli Informatika?
6.     Trus, apa tugas utamanya?
7.     Apa sih contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?
8.     Bidang apa saja yang akan dipelajari dalam teknik informatika?
9.     Gimana gambaran untuk bidang pemprograman web?
10.   Gimana sih gambaran untuk bidang sistem informasi?
11.   Dalam informatka ada istilah kecerdasan buatan. Apa kecerdasaan buatan itu?
12.   Apa yang ditekankan dalam jaringan komputer dan telekomunikasi?
13.   Apa manfaat mempelajari jaringan komputer dan telekomunikasi?

BAB II
PEMBAHASAN DAN JAWABAN

Dari daftar pertanyaan pada BAB I tentang Teknik Informatika maka ditemukan beberapa jawaban yang diambil dari berbagai sumber diantaranya :

1.    Apa yang dimaksud dengan informatika?
Informatika adalah suatu ilmu yang mempelajari komputer dan pemanfaatannya untuk mempermudah kehidupan manusia.

2.    Mengapa informatika dikatakan bisa mempermudahkan kehidupan manusia?
Karena informatika menggunakan software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (penggunaannya). Untuk memecahkan suatu masalah, maka penggunaannya dapat difokuskan pada satu, dua, ataupun ketiga faktor yang ada di atas. Masalah yang dimaksud disini adalah masalah yang apabila dipecahkan dengan pendekatan informatika akan memudahkan kehidupan manusia.

3.    Dari mana asal kata informatika?
Informatika berasal dari dua kata, yaitu informasi dan matematika. Mengapa infomasi dan matematika? Karena matematika digunakan untuk mengolah informasi, sehingga infomasi tersebut berguna untuk manusia.

4.    Ilmu apa yang menjadi inti dari informatika?
Inti dari informatika adalah algoritma. Begitu pentingnya algoritma dalam informatika, maka ahli algoritma bisa dikatakan sebagai orang yang telah menguasai informatika, dan sebaliknya bagi orang yang tidak menguasai algoritma berarti belum bisa dikatakan sudah menguasai informatika. Meskipun algoritma adalah dasar dari informatika, tetapi untuk mempelajari ilmu selanjutnya, algoritma akan sangat berperan didalamnya.


5.    Jadi inti dari Informatika itu algoritma yah!? Algoritma itu apa sih?
Algoritma ialah suatu prosedur langkah-langkah logis untuk memecahkan masalah sistematis dalam suatu jumlah langkah-langkah yang terhingga. Algoritma sering meliputi pengulangan langkah-langkah dasar operasi yang sama. Contohnya, orang yang menggunakan telepon umum. Untuk menggunakan telepon umum tersebut, maka orang harus mengikuti langkah-langkah seperti ini :
(1)    angkat telepon
(2)    masukkan koin
(3)    tekan nomor yang akan dihubungi
(4)    bicara
(5)    letakkan gagang telepon
Itu adalah salah satu contoh langkah-langkah sederhana yang disebut dengan algoritma. Langkah-langkah tersebut hanya dasar dan dapat dikembangkan terus karena keadaan yang lain-lain, contohnya apabila orang yang menggunakan telepon dua koin, maka langkah-langkahnya pun akan berbeda dengan yang diatas.

6.    Apa sih tanggung jawab seorang ahli Informatika?
Tanggung jawab dari seorang ahli informatika adalah memecahkan masalah yang terjadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat menghemat sumber daya.

7.    Trus, apa tugas utamanya?
Tugas utamanya adalah membangun sebuah sistem perangkat lunak maupun perangkat keras yang mampu meningkatkan kinerja maupun meminimalisir masalah-masalah yang terjadi. Dalam hal ini disebutkan menimimalisir karena menghilangkan suatu masalah secara total adalah sesuatu yang mustahil, maka hanya dapat diminimalisir.

8.    Apa sih contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?
Setelah menjadi ahli informatika kita akan dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang menantang dan menarik untuk dipecahkan. Misalnya, perusahaan yang mempunyai banyak kantor cabang tentu saja dalam berkomunikasi antar cabang menjadi sangat sulit apabila antar cabang tersebut tidak saling on-line. Apalagi, apabila perusahaan tersebut masih paper-based atau segala sesuatunya dikerjakan dengan menggunakan kertas. Untuk surat-menyurat saja diperlukan kurir, hal ini tentu saja sangat merepotkan dan memakan waktu dan biaya yang besar, Dengan bantuan ahli informatika, maka hal ini dapat dipecahkan dengan membangun jaringan telekomunikasi antar cabang. Misalnya, berkirim surat tidak harus menggunakan kurir, akan tetapi bisa dengan menggunakan email. Demikian pula dengan kondisi masing-masing kantor cabang akan dapat dimonitor secara terus-menerus dan kontinu.

9.    Bidang apa saja yang akan dipelajari dalam teknik informatika?
Pemprograman web, sistem informasi, kecerdasan buatan (artificial intellegent), jaringan komputer, dan telekomunikasi.

10.    Gimana gambaran untuk bidang pemprograman web?
Bidang ini menitikberatkan pada pembuatan web dan perawatannya. Biasanya orang yang menguasai atau ahli dalam pemprograman web disebut dengan web master. Web master mempunyai tanggung jawab sekaligus hal yang akan dipelajari dalam pemprograman web, yaitu mendesain sebuah situs yang nyaman dikunjungi, memudahkan dalam pencarian informasi di dalamnya, dan memberikan manfaat di dalamnya.

11.    Gimana sih gambaran untuk bidang sistem informasi?
Bidang ini menitikberatkan pada pembuatan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan pengguna sekaligus meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan kinerja pengguna pada tingkatan individual dan perusahaan pada tingkat yang lebih tinggi. Sistem informasi yang berbasis komputer mempunyai tugas menggantikan perkejaan yang apabila dilakukan secara manual dapat memakan waktu yang lama dan mempunyai tingkat kesalahan yang tinggi. Sistem informasi juga digunakan untuk menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya masih berbasis pena dan kertas agar dapat menghemat tempat penyimpanan sekaligus biaya yang akan dikeluarkan dapat ditekan seminimal mungkin. Orang yang ahli dalam sistem informasi disebut sistem analisis.

12.    Dalam informatka ada istilah kecerdasan buatan. Apa kecerdasaan buatan itu?
Kecerdasaan buatan pada intinya adalah mengembangkan suatu komputer, sehingga dapat berpikir dan memecahkan masalah sesuai dengan pikiran manusia. Kecerdasaan buatan lebih mengarah pada riset pendidikan karena berkutat pada tataran teoritis dan mungkin masih mahal untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Contohnya, pembuatan sebuah komputer berukuran mikro yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

13.    Apa yang ditekankan dalam jaringan komputer dan telekomunikasi?
Jaringan komputer dan telekomunikasi itu menekankan pada keamanan jaringan komputer dan juga telekomunikasi antar jaringan komputer.

14.    Apa manfaat mempelajari jaringan komputer dan telekomunikasi?
Dengan mempelajarinya kamu diharapkan dapat membangun jaringan antar komputer, sehingga memudahkan komunikasi antarpengguna sekaligus mengamankan jaringan tersebut agar tidak bisa dimasuki oleh orang yang tidak berwenang.

BAB III
KARIR DAN DUNIA NYATA

Lima belas tahun yang lalu, belum banyak orang yang menggunakan komputer. Sekarang komputer tidak bisa dilepaskan dari kegiatan kita sehari-hari. Di negara maju, komputer sangat vital bagi kehidupan mereka. Di Indonesia sendiri, komputer belum sampai pada tahap vital tersebut, Tetapi, dengan arus globalisasi yang merayap ke berbagai segi kehidupan kita, maka dapat dipastikan penggunaan komputer akan semakin berkembang di negara kita. Jadi akan dibutuhkan ahli-ahli komputer yang banyak untuk mendukung semakin berkembangnya penggunaan komputer di negara kita.

1.    Programmer
Pekerjaan dari Programmer adalah membuat program komputer. Sebagai programmer kamu bisa bekerja di bawah suatu perusahaan, sehingga kamu diharapkan untuk membuat program komputer bagi perusahaan tersebut atau kamu bisa membuat perusahaan software sendiri untuk dijual ke orang yang membutuhkannya. Karena orang yang mampu membuat program masih sedikit, kesempatan untuk bekerja dan memperoleh pendapatan yang besar sangat terbuka.

2.    Sistem Analis
Seorang Sistem Analis bertanggungjawab untuk mengkoordinasikan programmer-programmer dan memelihara sistem yang digunakan oleh perusahaan. Contoh dari sitem perusahaan adalah LAN (Local Area Network atau sistem on-line sebuah bank. Tanggung jawab seorang sistem analis lumayan besar karena apabila sistem yang digunakan oleh suatu perusahaan dowb, maka hal tersbut dapat merugikan perusahaan dan pelanggannya. Contohnya adalah online sebuah ATM Bank, apabila ATM tersebut down, maka hal tersebut bisa mengecewakan orang yang akan menggunakaannya untuk mengambil uang, sekaligus merugikan perusahaan tersebut.

3.    Web Designer
Apakah kamu mempunyai situs favorit? Mengapa kamu suka situs itu? Apakah karena tampilannya bagus dan tidak membosankan? Kalau iya, berarti web designer dari situs tersebut patut diacungi jempol. Memang tugas ari seorang web designer adalah untuk membuat desain atau tampilan dari sebuah situs. Tampilan dari sebuah situs adalah fist impression dari situs tersebut. Apabila warna, gambar, atau letaknya tidak menarik, maka bisa-bisa kita tidak mau masuk situs itu lagi, walaupun sebetulnya isi dari situs itu bagus. Saat ini, web designer diharapakan tidak hanya merancang tampilan web yang bagus, tetapi juga mampu mengintegrasikan database di dalam website yang dibuatnya.

4.    Bidang Lainnya
Sebagai lulusan teknik informatika, maka kamu juga bisa berkerja di perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, informasi, dan lain-lain. Selain berkerja di perusahaan, kamu bisa bekerja di Bursa Efek dan BPPT misalnya, atau kamu bisa menjadi konsultan atau dosen.

Yang Perlu diketahui
Perbedaan Fakultas Ilmu Komputer dengan Jurusan Teknik Informatika
Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Fakultas Ilmu Komputer dengan Jurusan Teknik Informatika. Keduanya sama-sama mempelajari dasar-dasar dan fundamental dari perilaku komputer sampai ke taraf penerapannya dalam bentuk berbagai aplikasi. Kalaupun ada perbedaan, mungkin lebih kepada referensi yang diambil oleh fakultas atau jurusan tersebut. Ilmu Komputer sangat populer di Amerika dan Inggris. Sedangkan Eropa pada umumnya menggunakan istilah Informatics dan bukan Ilmu Komputer.

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Dewasa ini globalisasi informasi mengalami perkembangan pesat dan telah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya menguasai aspek-aspek materi dari teknologi informasi, melainkan juga mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi informasi di berbagai bidang.

Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.

B.    Saran
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka saya mengharapkan program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, saya mengharap lulus dengan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan teknologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar