Sehubungan di awal Perkuliahan pada Program Studi
Teknik Informatika diberikan Tugas untuk menjelaskan tentang apa itu Teknik
Informatika maka saya membuat Karya Tulis sebagai Makalah Tentang Teknik
Informatika. Berikut Susunannya :
DI
S
U
S
U
N
O L E H
T. HASRIL
NPM.10110203
PRODI TEKNIK
INFORMATIKA
STMIK BINA BANGSA
2013
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sejarah Komputer dan Perkembangan Teknik Informatika
Komputer adalah sebuah fenomena yang luar biasa dalam
sejarah manusia. Komputer jugalah yang menyebabkan adanya teknik informatika.
Sejarah komputer bisa kita runut kembali dari 3000 SM. Pada saat itu alat
menghitung sudah ada di Cina, yaitu sebuah sempoa yang tebuat dari kayu dan
butiran-butiran. Kemudian, pada tahun 1623 seorang ilmuwan Jerman bernama
Wilhelm Schikard menciptakan mesin hitung yang bisa, menambah, membagi,
mengurang, dan mengkali. Tetapi mesin penghitung otomatis pertama dibuat oleh
Braise Pascal dari Perancis pada tahun 1642. Pada awal abad 19 Joseph Marie
Jacquard menumukan punch card pertama yang pada saat itu digunakan pada
industri tekstil. Tahun 1842 Ada Lovelace membuat sebuah set instruksi yang
menjadi pelopor bahasa pemprograman modern, dengan penemuan ini, Ada dinobatkan
menjadi programmer komputer pertama.
Pada awal abad 20 Herman Hollerith dari Amerika
menggunakan ide yang hampir sama dengan Jacquard, yaitu sebuah mesin yang
membuat dan membaca puch card. Alat ini digunakan pada sensus Amerika dan
membuat perhitungan sensus tersebut menjadi empat kali lebih cepat. Hollerith
adalah salah satu pendiri International Business Machine (IBM). Pada tahun
1930-an, Howard Aiken mengembangkan Mark I (sebuah komputer penghitung) yang
dibuat oleh IBM. Mark I menggunakan relays dan komponen elektromagnetis untuk
menggantikan komponen mekanis. Howard juga memperkenalkan komputer pada
universitas dengan membuka program ilmu komputer pertama di Harvard University.
Sejarah komputer berikutnya ada pada tifa komputer besar yang akan mempelopori
komputer-komputer selanjutnya. Tiga komputer itu disebut EDVAC, ENIAC, dan
UNIVAC. EDVAC adalah singkatan dari Electronic Discrete Variable Automatic
Computer yang dibuat oleh John von Neuman. Komputer ini adalah komputer pertama
yang menyimpan programnya di dalam memori komputer tersebut ENIAC (Electronic
Numerical Integrator And Computer) dibuat oleh John Mauchly dan Presper Eckert
Jr, di University of Philadelphia pada tahun 1945. Komputer ini dinobatkan
menjadi digital komputer pertama, tetapi komputer ini mempunyai masalah yang
sangay besar, lebar dari komputer ini adalah 167 m, dan beratnya lebih dari
27.000 kg. Sedangkan UNIVAC ( Universal Automatic Computer) yang juga dibuat
oleh Eckert dan Mauchly, tetapi kali ini di bawah perusahaan Rand Corporation.
Keunggulan dari komputer ini adalah bisa diaplikasikan untuk berbagai macam
jenis industri.
Pada tahun 1948 di Bell Telephone Laboratories, Walter
Houser Brattain, John Barder dan Wiliam Bradford Shockley mengembangkan
transistor yaitu sebuah alat yang bisa berfungsi sebagai tombol listrik.
Setelah ditemukannya transistor tersebut, maka timbullah intergrated circuits,
yaitu sebuah chip silicon yang berisi transistor-transistor dan
komponen-komponen elektris lainnya yang ditemukan oleh Jack Kilby dan Robert
Noyce. Integrated circuits semakin lama semakin mengecil, dan akhirnya menjadi
microprocessor yang bisa menampung jutaan transistor. Dengan adanya penemuan
ini, maka komputer akhirnya bisa menjadi lebih kecil dan lebih murah. Komputer
kecil ini disebut juga dengan istilah personal computer (PC). PC pertama adalah
Altair 8800 yang diproduksi oleh Micro Instrumentaiton Telemetry Systems.
Altair 8800 menggunakan prosesor 8080, power supply, panel muka dengan lampu
yang banyak memiliki memory 256 bytes dan paket ini dipasarkan $395. Komputer
pertama ini memberikan ide dengan perusahaan lain untuk membuat aplikasinya,
seperti dibuatnya sistem operasi CP/M (Control Profram for Micro prosesor) dan
versi pertama program bahasa Microsoft Basic (Beginners All Purpose Symbolic
Instruction Code).
Pada saat ini, perkembangan sistem operasi canggih
seperti Windows, Mac, OS, dan Linux memungkinkan pengguna komputer untuk
menggunakan program dan memanipulasi data dengan cara yang tidak pernah
terbayangkan sebelumnya, semakin lama komputer akan semakin mengalahkan
manusia, ini bisa dibuktikan dengan kalahnya Garry Kasparov terhadap Deep Blue
(sebuah supercomputer yang dapat memperhitungkan lebih dari 100 juta posisi
catur per detik) dalam suatu pertandingan pada tahun 1997. Akhirnya Deep Blue
dijadikan prototipe dari komputer masa depan yang harus menyelesaikan
masalah-masalah yang kompleks. Komputer belum bisa dianggap melebihi manusia
karena komputer tersebut adalah hasil dari suatu program yang dibuat oleh manusia
untuk menyelesaikan suatu masalah, tetapi bisa saja suatu saat komputer
mempunyai kemampuan untuk belajar dan akhirnya menyelesaikan masalah dengan
sendirinya. Itulah sedikit gambaran dari masa depan kita.
B. Daftar Pertanyaan
Penulisan karya tulis ini awalnya bertujuan sebagai
rangkuman tentang alasan Apa dan Mengapa memilih program Studi Teknik
Informatika sehigga saya merangkum beberapa pertanyaan beserta jawabannya
dengan menambahkan sejarah dan latar belakang tentang Komputer dan Teknik
Informatika yang diharapkan dapat bermanfaat bagi saya pribadi khususnya dan
bagi semua rekan-rekan yang menekuni bidang ini pada umumnya.
Beberapa pertanyaan itu diantaranya adalah :
1. Apa
yang dimaksud dengan informatika?
2. Mengapa
informatika dikatakan bisa mempermudahkan kehidupan manusia?
3. Ilmu
apa yang menjadi inti dari informatika?
4. Jadi
inti dari Informatika itu apa?
5. Apa
sih tanggung jawab seorang ahli Informatika?
6. Trus,
apa tugas utamanya?
7. Apa
sih contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?
8. Bidang
apa saja yang akan dipelajari dalam teknik informatika?
9. Gimana
gambaran untuk bidang pemprograman web?
10. Gimana
sih gambaran untuk bidang sistem informasi?
11. Dalam
informatka ada istilah kecerdasan buatan. Apa kecerdasaan buatan itu?
12. Apa
yang ditekankan dalam jaringan komputer dan telekomunikasi?
13. Apa
manfaat mempelajari jaringan komputer dan telekomunikasi?
BAB II
PEMBAHASAN DAN
JAWABAN
Dari daftar pertanyaan pada BAB I tentang Teknik
Informatika maka ditemukan beberapa jawaban yang diambil dari berbagai sumber
diantaranya :
1. Apa yang dimaksud dengan informatika?
Informatika adalah suatu ilmu yang mempelajari
komputer dan pemanfaatannya untuk mempermudah kehidupan manusia.
2. Mengapa informatika dikatakan bisa mempermudahkan kehidupan manusia?
Karena informatika menggunakan software (perangkat
lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (penggunaannya). Untuk
memecahkan suatu masalah, maka penggunaannya dapat difokuskan pada satu, dua,
ataupun ketiga faktor yang ada di atas. Masalah yang dimaksud disini adalah
masalah yang apabila dipecahkan dengan pendekatan informatika akan memudahkan
kehidupan manusia.
3. Dari mana asal kata informatika?
Informatika berasal dari dua kata, yaitu informasi dan
matematika. Mengapa infomasi dan matematika? Karena matematika digunakan untuk
mengolah informasi, sehingga infomasi tersebut berguna untuk manusia.
4. Ilmu apa yang menjadi inti dari informatika?
Inti dari informatika adalah algoritma. Begitu
pentingnya algoritma dalam informatika, maka ahli algoritma bisa dikatakan
sebagai orang yang telah menguasai informatika, dan sebaliknya bagi orang yang
tidak menguasai algoritma berarti belum bisa dikatakan sudah menguasai
informatika. Meskipun algoritma adalah dasar dari informatika, tetapi untuk
mempelajari ilmu selanjutnya, algoritma akan sangat berperan didalamnya.
5. Jadi inti dari Informatika itu algoritma yah!? Algoritma itu apa sih?
Algoritma ialah suatu prosedur langkah-langkah logis
untuk memecahkan masalah sistematis dalam suatu jumlah langkah-langkah yang
terhingga. Algoritma sering meliputi pengulangan langkah-langkah dasar operasi
yang sama. Contohnya, orang yang menggunakan telepon umum. Untuk menggunakan
telepon umum tersebut, maka orang harus mengikuti langkah-langkah seperti ini :
(1) angkat telepon
(2) masukkan koin
(3) tekan nomor yang akan dihubungi
(4) bicara
(5) letakkan gagang telepon
Itu adalah salah satu contoh langkah-langkah sederhana yang disebut dengan algoritma. Langkah-langkah tersebut hanya dasar dan dapat dikembangkan terus karena keadaan yang lain-lain, contohnya apabila orang yang menggunakan telepon dua koin, maka langkah-langkahnya pun akan berbeda dengan yang diatas.
6. Apa sih tanggung jawab seorang ahli Informatika?
(2) masukkan koin
(3) tekan nomor yang akan dihubungi
(4) bicara
(5) letakkan gagang telepon
Itu adalah salah satu contoh langkah-langkah sederhana yang disebut dengan algoritma. Langkah-langkah tersebut hanya dasar dan dapat dikembangkan terus karena keadaan yang lain-lain, contohnya apabila orang yang menggunakan telepon dua koin, maka langkah-langkahnya pun akan berbeda dengan yang diatas.
6. Apa sih tanggung jawab seorang ahli Informatika?
Tanggung jawab dari seorang ahli informatika adalah
memecahkan masalah yang terjadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat
menghemat sumber daya.
7. Trus, apa tugas utamanya?
Tugas utamanya adalah membangun sebuah sistem
perangkat lunak maupun perangkat keras yang mampu meningkatkan kinerja maupun
meminimalisir masalah-masalah yang terjadi. Dalam hal ini disebutkan
menimimalisir karena menghilangkan suatu masalah secara total adalah sesuatu
yang mustahil, maka hanya dapat diminimalisir.
8. Apa sih contoh dari manfaat informatika di dunia nyata?
Setelah menjadi ahli informatika kita akan dihadapkan
pada permasalahan-permasalahan yang menantang dan menarik untuk dipecahkan.
Misalnya, perusahaan yang mempunyai banyak kantor cabang tentu saja dalam
berkomunikasi antar cabang menjadi sangat sulit apabila antar cabang tersebut
tidak saling on-line. Apalagi, apabila perusahaan tersebut masih paper-based
atau segala sesuatunya dikerjakan dengan menggunakan kertas. Untuk
surat-menyurat saja diperlukan kurir, hal ini tentu saja sangat merepotkan dan
memakan waktu dan biaya yang besar, Dengan bantuan ahli informatika, maka hal
ini dapat dipecahkan dengan membangun jaringan telekomunikasi antar cabang.
Misalnya, berkirim surat tidak harus menggunakan kurir, akan tetapi bisa dengan
menggunakan email. Demikian pula dengan kondisi masing-masing kantor cabang
akan dapat dimonitor secara terus-menerus dan kontinu.
9. Bidang apa saja yang akan dipelajari dalam teknik informatika?
Pemprograman web, sistem informasi, kecerdasan buatan
(artificial intellegent), jaringan komputer, dan telekomunikasi.
10. Gimana gambaran untuk bidang pemprograman web?
Bidang ini menitikberatkan pada pembuatan web dan
perawatannya. Biasanya orang yang menguasai atau ahli dalam pemprograman web
disebut dengan web master. Web master mempunyai tanggung jawab sekaligus hal
yang akan dipelajari dalam pemprograman web, yaitu mendesain sebuah situs yang
nyaman dikunjungi, memudahkan dalam pencarian informasi di dalamnya, dan
memberikan manfaat di dalamnya.
11. Gimana sih gambaran untuk bidang sistem informasi?
Bidang ini menitikberatkan pada pembuatan sebuah
sistem informasi yang dapat memudahkan pengguna sekaligus meningkatkan
efisiensi, efektifitas, dan kinerja pengguna pada tingkatan individual dan
perusahaan pada tingkat yang lebih tinggi. Sistem informasi yang berbasis
komputer mempunyai tugas menggantikan perkejaan yang apabila dilakukan secara
manual dapat memakan waktu yang lama dan mempunyai tingkat kesalahan yang
tinggi. Sistem informasi juga digunakan untuk menggantikan pekerjaan-pekerjaan
yang biasanya masih berbasis pena dan kertas agar dapat menghemat tempat
penyimpanan sekaligus biaya yang akan dikeluarkan dapat ditekan seminimal
mungkin. Orang yang ahli dalam sistem informasi disebut sistem analisis.
12. Dalam informatka ada istilah kecerdasan buatan. Apa kecerdasaan buatan itu?
Kecerdasaan buatan pada intinya adalah mengembangkan
suatu komputer, sehingga dapat berpikir dan memecahkan masalah sesuai dengan
pikiran manusia. Kecerdasaan buatan lebih mengarah pada riset pendidikan karena
berkutat pada tataran teoritis dan mungkin masih mahal untuk diterapkan pada
kehidupan sehari-hari. Contohnya, pembuatan sebuah komputer berukuran mikro
yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia.
13. Apa yang ditekankan dalam jaringan komputer dan telekomunikasi?
Jaringan komputer dan telekomunikasi itu menekankan
pada keamanan jaringan komputer dan juga telekomunikasi antar jaringan
komputer.
14. Apa manfaat mempelajari jaringan komputer dan telekomunikasi?
Dengan mempelajarinya kamu diharapkan dapat membangun
jaringan antar komputer, sehingga memudahkan komunikasi antarpengguna sekaligus
mengamankan jaringan tersebut agar tidak bisa dimasuki oleh orang yang tidak
berwenang.
BAB III
KARIR DAN DUNIA NYATA
Lima belas tahun yang lalu, belum banyak orang yang
menggunakan komputer. Sekarang komputer tidak bisa dilepaskan dari kegiatan
kita sehari-hari. Di negara maju, komputer sangat vital bagi kehidupan mereka.
Di Indonesia sendiri, komputer belum sampai pada tahap vital tersebut, Tetapi,
dengan arus globalisasi yang merayap ke berbagai segi kehidupan kita, maka
dapat dipastikan penggunaan komputer akan semakin berkembang di negara kita.
Jadi akan dibutuhkan ahli-ahli komputer yang banyak untuk mendukung semakin
berkembangnya penggunaan komputer di negara kita.
1. Programmer
Pekerjaan dari Programmer adalah membuat program
komputer. Sebagai programmer kamu bisa bekerja di bawah suatu perusahaan,
sehingga kamu diharapkan untuk membuat program komputer bagi perusahaan
tersebut atau kamu bisa membuat perusahaan software sendiri untuk dijual ke
orang yang membutuhkannya. Karena orang yang mampu membuat program masih
sedikit, kesempatan untuk bekerja dan memperoleh pendapatan yang besar sangat
terbuka.
2. Sistem Analis
Seorang Sistem Analis bertanggungjawab untuk
mengkoordinasikan programmer-programmer dan memelihara sistem yang digunakan
oleh perusahaan. Contoh dari sitem perusahaan adalah LAN (Local Area Network
atau sistem on-line sebuah bank. Tanggung jawab seorang sistem analis lumayan
besar karena apabila sistem yang digunakan oleh suatu perusahaan dowb, maka hal
tersbut dapat merugikan perusahaan dan pelanggannya. Contohnya adalah online
sebuah ATM Bank, apabila ATM tersebut down, maka hal tersebut bisa mengecewakan
orang yang akan menggunakaannya untuk mengambil uang, sekaligus merugikan
perusahaan tersebut.
3. Web Designer
Apakah kamu mempunyai situs favorit? Mengapa kamu suka
situs itu? Apakah karena tampilannya bagus dan tidak membosankan? Kalau iya,
berarti web designer dari situs tersebut patut diacungi jempol. Memang tugas
ari seorang web designer adalah untuk membuat desain atau tampilan dari sebuah
situs. Tampilan dari sebuah situs adalah fist impression dari situs tersebut.
Apabila warna, gambar, atau letaknya tidak menarik, maka bisa-bisa kita tidak
mau masuk situs itu lagi, walaupun sebetulnya isi dari situs itu bagus. Saat
ini, web designer diharapakan tidak hanya merancang tampilan web yang bagus,
tetapi juga mampu mengintegrasikan database di dalam website yang dibuatnya.
4. Bidang Lainnya
Sebagai lulusan teknik informatika, maka kamu juga
bisa berkerja di perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan,
informasi, dan lain-lain. Selain berkerja di perusahaan, kamu bisa bekerja di
Bursa Efek dan BPPT misalnya, atau kamu bisa menjadi konsultan atau dosen.
Yang Perlu diketahui
Perbedaan Fakultas Ilmu Komputer dengan Jurusan Teknik Informatika
Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan
antara Fakultas Ilmu Komputer dengan Jurusan Teknik Informatika. Keduanya
sama-sama mempelajari dasar-dasar dan fundamental dari perilaku komputer sampai
ke taraf penerapannya dalam bentuk berbagai aplikasi. Kalaupun ada perbedaan,
mungkin lebih kepada referensi yang diambil oleh fakultas atau jurusan
tersebut. Ilmu Komputer sangat populer di Amerika dan Inggris. Sedangkan Eropa
pada umumnya menggunakan istilah Informatics dan bukan Ilmu Komputer.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dewasa ini globalisasi informasi mengalami
perkembangan pesat dan telah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia.
Untuk itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya menguasai
aspek-aspek materi dari teknologi informasi, melainkan juga mampu menerapkan
dan mengembangkan teknologi informasi di berbagai bidang.
Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang
menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin
ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau
pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin
teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan
sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah,
sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih
berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri
dengan pekerjaan apapun.
B. Saran
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang
sangat cepat, maka saya mengharapkan program pendidikan pada program studi
Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa
informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis,
menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam
pengolahan dengan komputer. Di samping itu, saya mengharap lulus dengan
memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta
menguasai dasar-dasar ilmu dan teknologi informasi sebagai landasan untuk
pengembangan studi lanjutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar